Selasa, 03 Mei 2011

Pemanfaatan Lidi sebagai Alat Bantu HItung Siswa SD


Description: D:\LOGO\UMS.BMP

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PEMANFAATAN LIDI SEBAGAI ALAT BANTU
HITUNG SISWA SD
BIDANG KEGIATAN:
PKM GT

Disusunkan Oleh :
RETNO DWI MULYANTI                           (A510090123/ 2009)
ERNA YULIANA                                         (A510090132/ 2009)
KURNIASARI WIDHYANINGRUM        (A510090153/ 2009)

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
SURAKARTA
2011

HALAMAN PENGESAHAN

1.    Judul Kegiatan       : Pemanfaatan Lidi sebagai alat Bantu Hitung Siswa SD 
2.    Bidang Kegiatan    :           (  ) PKM-AI                (X) PKM-GT
3.    Ketua Pelaksana Kegiatan
a.         Nama Lengkap                                :  Retno Dwi Mulyanti
b.        NIM                                                 : A510090123
c.         Jurusan                                             : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d.        Universitas/Institut                          :  Universitas Muhammadiyah Surakarta
e.         Alamat Rumah                                 :  Dukuh Sari RT 02/ RW04 Muncar,. Susukan, Semarang
f.         No.Telp / HP                                    : 085740137155
g.        Alamat email                                    : retnodwimulyanti123@yahoo.com
4.    Anggota Pelaksana Kegiatan/ Penulis   : 2 orang  
5.    Dosen Pendamping
a.        Nama lengkap dan Gelar                 :  Minsih, M.Pd
b.        NIK                                                  : 200.1233
c.        Alamat Rumah                                 :  Nusa Indah 1 B.10 Ngabean, Kartosuro, Sukoharjo
d.       No.Telp/ HP                                     :  081329992931

                                                                                         Surakarta, 7 Maret 2011
Menyetujui,
Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan                       Ketua Pelaksana Kegiatan
                Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta,




Drs. H. Yakub Nasucha, M. Hum.                                  Retno Dwi Mulyanti
           NIP. 131409808                                                         NIM. A510090123

          Wakil Rektor Bidang                                                Dosen Pendamping
                Kemahasiswan
Universitas Muhammadiyah Surakarta




Prof. Dr. Absori, SH, M. Hum                                             Minsih, M.Pd
               NIK. 535                                                                  NIK 200.1233

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN....................................................................      ii
DAFTAR ISI...............................................................................................     iii
KATA PENGANTAR ...............................................................................     iv
RINGKASAN.............................................................................................      v
PENDAHULUAN .....................................................................................      1
URAIAN GAGASAN................................................................................      2
Kondisi kekinian..............................................................................      2
Penggunaan Lidi..............................................................................      2
Manfaat Lidi Sebagai Alat Bantu Hitung .......................................      4
SIMPULAN................................................................................................      5
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................      6
DAFTAR RIWAYAT HIDUP...................................................................      7













KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis sampaikan pada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah membimbing hamba-Nya dalam menyelesaikan Karya Tulis ilmiah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pula pada kedua orang tua penulis yang telah mendidik penulis hingga sampai masa kuliah. Penulis juga menyampaikan ucapan
terima kasih pada Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktu Beliau untuk membina penulis dalam menyusun karya tulis ilmiah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pula pada Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah membantu dan mengarahkan penulis dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini. Tidak lupa pula penulis sampaikan ucapan terima kasih pada rekan-rekan yang telah membantu penyusunan karya tulis ilmiah ini dan rekan-rekan lain yang tidak sempat penulis sebutkan namanya satu persatu.
Penulis merasa masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini. Oleh karena itu, penulis mengundang para pembaca untuk mengkritik dan memberikan pendapat serta saran kepada penulis. Atas perhatian para pembaca, penulis mengucapkan terima kasih.


Surakarta, 7 Maret 2011


Penulis



RINGKASAN
Dalam makalah ini, penulis mencoba untuk mengajukan suatu ide terkait dengan pemanfaatan lidi sebagai alat bantu hitung alternative.   Dalam kegiatan belajar mengajar bagi siswa sekolah dasar (SD) kelas bawah pembelajaran masih bersifat abstrak atau nyata.  Siswa SD yang umurnya berkisar antara 6 atau 7 tahun, sampai 12 atau 13 tahun, mereka berada pada fase operasional konkret. Kemampuan yang tampak pada fase ini adalah kemampuan dalam proses berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika, meskipun masih terikat dengan objek yang bersifat konkret. Pembelajaran di sekolah akan lebih bermakna jika guru mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman yang telah dimiliki siswa. Oleh karena itu, guru perlu memiliki kemampuan, kejelian dan kreativitas dalam memilih dan mendayagunakan potensi berbagai sumber dan media belajar yang ada di sekeliling kita. Dengan memanfaatkan media yang berasal dari alam siswa menjadi lebih kreatif dan mendapatkan pengalaman yang dapat menambah semangat belajar siswa. 
Kata kunci: Pemanfaatan lidi,  alat bantu hitung.






PENDAHULUAN
Lidi merupakan media pembelajaran matematika yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar. Lidi dapat kita gunakan sebagai alat bantu hitung pada anak kelas satu dan dua sekolah dasar. Sekarang ini memang banyak bermunculan alat bantu hitung yang modern dan harga yang cukup terjangkau. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pengajaran disamping aspek lain. Perkembanagan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah dan tidak menutup kemungkinan bahwa alat-alat tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Secara umum, manfaat media atau alat bantu dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa, sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, guru sekurang-kurangnya dapat menggunakan alat yang murah dan efisien meskipun sederhana seperti lidi. Guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pengajaran (Fitri: 2010). Pada anak SD kelas bawah pembelajaarn masih bersifat abstrak dan memerlukan media atau alat bantu dalam memahami materi pembelajaran.  Pada dasarnya anak belajar dari hal-hal yang kongkrit, sehingga untuk mengetahui konsep-konsep yang abstrak anak memerlukan benda-benda yang riil sebagai perantara atau visualisasinya (Amin: 2010). Mengenalkan matematika pada anak tidak harus dengan menyodorkan buku latihan. Di sisi lain, banyak pula jenis media yang telah tersedia di lingkungan sekitar kita yang langsung dapat kita gunakan untuk keperluan pembelajaran, yang diperlukan adalah kemampuan, kejelian dan kreatifitas kita dalam memilih dan mendayagunakan potensi berbagai sumber dan media belajar yang ada di sekeliling kita (Rahadi: 2004).
Salah satu kompetensi dasar pembelajaran matematika di sekolah dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan kelas satu SD adalah melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Departemen Pendidikan Nasional: 2008). Dalam mengajarkan konsep penjumlahan dan pengurangan pada siswa SD kelas satu, terdapat empat langkah dalam proses pembelajarannya, yaitu: langkah pengalaman sosial, langkah manipulasi konkrit, semi konkrit dan abstrak. Pemanfaatan lidi sebagai alat bantu hitung merupakan suatu alternatif dalam pembelajaran yang memanfaatkan alam. Lidi dapat digunakan dalam membantu siswa mengenal konsep penjumlahan dan pengurangan sebagai dasar mempelajari matematika.  
URAIAN GAGASAN
Kondisi Kekiniaan
Pada tahun tujuhpuluhan lidi dimanfaatkan sebagai alat bantu hitung dan alat kebersihan. Lidi digunakan sebagai alat bantu hitung dalam bentuk yang masih sederhana yaitu lidi dipotong-potong dengan panjang yang sama dan diikat dengan jumlah yang sama. Lidi sebagai alat bantu hitung pada waktu itu, kurang menarik minat siswa untuk menggunakannya.
Saat ini, penggunaan lidi hanya sebagai alat kebersihan. Pada pembelajaran di SD kurang memanfaatkan media yang berada di sekitar lingkungan. Pembelajaran lebih cenderung menggunakan media-media yang lebih modern seperti kalkulator dan sempoa.   Dengan memanfaatkan media yang berasal dari alam siswa menjadi lebih kreatif dan mendapatkan pengalaman yang dapat menambah semangat belajar siswa.  Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa lidi diwarnai dengan berbagai warna.
Penggunaan Lidi
Lidi merupakan media pembelajaran matematika yang dapat kita peroleh dari lingkungan sekitar. Lidi dapat kita gunakan sebagai alat bantu hitung pada anak kelas satu dan dua sekolah dasar. Pemanfaatan lidi dapat diterapkan dalam pembelajaran aritmatika yaitu penjumlahan dan pengurangan. Penjumlahan merupakan proses menemukan jumlah dua bilangan atau lebih tanpa membilang. Hal ini dimaksudkan untuk menekankan pendapat bahwa barangkali anak itu menghafal fakta-fakta penjumlahan primer itu dan dapat memberikan hasil-hasilnya serta dapat menerapkannya dalam soal-soal penjumlahan yang lebih sukar tanpa menggunakan lagi pembilang. Pengurangan adalah proses menemukan salah satu dari dua buah bilangan jika jumlahnya dan bilangan yang lain ditentukan (Ardhana: 1977).
Cara Pembuatan alat bantu hitung dengan bahan dasar lidi ;
1.      pilih batang lidi yang besar dan kuat;
2.      bersihkan lidi yang telah kita pilih;
3.      celupkan lidi pada cat dengan warna yang kita inginkan agar menarik;
4.      keringkan cat pada lidi sampai kering;
5.      potong batang lidi dengan panjang lidi 10 cm sebanyak 100 batang atau sesuai kebutuhan.
Media atau alat bantu sebagai komponen yang berasal dari lingkungan sekitar siswa, yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dan sebagai alat yang digunakan untuk memberikan rangsangan bagi siswa agar terjadi proses belajar. Manfaat media dalam proses pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa. Sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien (Rahadi: 2004). Siswa yang memiliki pengalaman belajar mempunyai kemampuan untuk berkembang. Dengan demikian, pembelajaran di sekolah akan lebih bermakna jika guru mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman yang telah dimiliki siswa (Sumiyati, 2008: 2). Siswa mudah memahami materi yang dipelajari sebab dia memiliki gambaran tentang apa yang akan dipelajarinya karena siswa pernah melihat, mengamati bahkan menerapkan atau mengunakan alat bantu yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang berasal dari lingkungan sekitar siswa.


Manfaat Lidi sebagai Alat Bantu Hitung
Hal penting dalam proses belajar mengajar yaitu memotivasi siswa. Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar adalah dengan menggunakan alat peraga sehingga, diharapkan konsep abstrak yang baru di fahami siswa akan mengendap, melekat dan tahan lama, tidak hanya sekedar lewat begitu saja (Amin: 2010).. Dengan memanfaatkan lidi siswa akan terbantu dalam memahami penjumlahan dan pengurangan dalam matematika. Pemanfaatan lidi sebagai alat bantu hitung dalam pembelajaran memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah praktis, mudah diaplikasikan, mudah didapat dan lebih terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat. Dalam pengunaanya sebagai alat bantu hitung lidi praktis karena mudah di bawa dan mudah di buat. Lidi mudah diaplikasikan karena mudah diterapkan bagi siswa dalam pembelajaran matematika di dalam kelas. Bahan dasar pembuatan alat bantu hitung yang terbuat dari lidi mudah didapat sebab bahan tersebut mudah dijumpai disekitar lingkungan kita dan untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya. Selain itu, dengan menggunakan lidi siswa kelas satu dan dua SD akan lebih mengenal dan memanfaatkan lingkungan dengan semaksimal mungkin.
Cara penggunaan lidi dalam kegiatan belajar mengajar cukup mudah karena mudah diterapkan dan di aplikasikan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam hal penjumlahan dan pengurangan. Cara penggunaan  lidi dalam proses belajar mengajar khususnya penjumlahan dan pengurangan yaitu.
1.   Penjumlahan
7 + 9 = 16
a.       Ambil 7 batang lidi.
b.      Ambil 9 batang lidi lagi.
c.       Gabungkan lidi-lidi yang diambil tadi.
d.      Hitung Jumlah lidi seluruhnya.
2.   Pengurangan
20- 6 = 14
a.       Ambil 20 batang lidi.
b.      Karena kurang, maka ambil 6 lidi dari 20 lidi tadi.
c.       Hitung lidi yang tesisa setelah pengambilan 6  tadi.
SIMPULAN
Allah menciptakan alam semesta beserta isinya dengan berbagai manfaatnya. Lingkungan merupakan salah satu tempat atau wahana untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, karena dapat menumbuhkan minat dan merangsang mereka untuk berbuat dan menggunakannya. Bagi siswa sekolah dasar khususnya kelas bawah dalam memahami penjumlahan dan pengurangan membutuhkan visualisasi atau benda yang nyata dalam membantu memahami penjumlahan dan pengurangan.
Lidi merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh siswa yang dapat diperoleh dari alam sekitar. Dengan memanfaatkan media yang berasal dari alam siswa menjadi lebih kreatif dan mendapatkan pengalaman yang dapat menambah semangat belajar siswa. Pemanfaatan lidi sebagai alat bantu hitung dalam pembelajaran memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah praktis, mudah diaplikasikan, mudah didapat dan terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat, untuk mendapatkan lidi tidak memerlukan biaya. Pembelajaran di sekolah akan lebih bermakna jika guru mengaitkan pengetahuan dengan pengalaman yang telah dimiliki siswa dalam proses belajar mengajar.






DAFTAR PUSTAKA
Amin. 2010. “Masih Perlukah Alat Peraga”(online), (http://aminhers.com/masih perlukah alat peraga. diakses tanggal 6 Januari 2011).

Departemen Pendidikan Nasional (2008). KTSP Model Silabus Tematik Kelas 1. Jakarta: Badan Standard Nasional Pendidikan.

Dutton, W. H. dan Adams L. J. 1972. Penuntun Mengajarkan Berhitung di Sekolah Dasar. Terjemahan oleh Wayan Ardhana. Malang: Usaha Swadaya.

Fitri, Sinta. 2010. “Pemanfaatan Lingkungan Sekitar” (online), (http://shintafitri.blogspot.com. Diakses tanggal 6 Januari 2011).

Rahadi, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumiyati, S. 2008.  Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Melalui Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
                                                                 












DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1.        Nama Lengkap                                            :  Retno Dwi Mulyanti
       NIM                                                             :  A510090123
       Fakultas/ progdi                                           : FKIP/ PGSD
       Perguruan Tinggi                                         :  Universitas Muhammadiyah Surakarta
       Tempat Tanggal Lahir                                 : Kab. Semarang, 29 September 1991
       Jenis Kelamin                                              :  Perempuan
       Umur                                                           :  19 Tahun
       Agama                                                         :  Islam
       Status                                                           :  Mahasiswi
       Kewarganegaraan                                        :  Indonesia
       Alamat Rumah                                            :  Dukuh Sari Rt 02/ Rw 04 Muncar, Susukan, Semarang
       Alamat Email                                               :  retnodwimulyanti123@ yahoo.com
       Karya Ilmiah yang Pernah Dibuat               : -
       Penghargaan Ilmiah yang Pernah Diraih     : -


                                                                                    Surakarta, 7 Maret 2011


                                                                                    (Retno Dwi Mulyanti)
                                                                                    NIM.510090123
2.        Nama Lengkap                                         : Erna Yuliana
NIM                                                         : A510090132
Fakultas/ progdi                                       : FKIP/ PGSD
Perguruan Tinggi                                      : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tempat Tanggal Lahir                              : Karanganyar, 13 Juli 1991
Jenis Kelamin                                           : Perempuan
Umur                                                        : 19 Tahun
Agama                                                      : Islam
Status                                                       : Mahasiswi
Kewarganegaraan                                                : Indonesia
Alamat Rumah                                         : Waringin Rejo Rt 02/ Rw 21 Cemani, Grogol, Sukoharjo
Alamat Email                                           : ernayuliana132@gmail.com
Karya Ilmiah yang Pernah Dibuat            : -
Penghargaan Ilmiah yang Pernah Diraih  : -


                                                                                    Surakarta, 7 Maret 2011


                                                                                    (Erna Yuliana)
                                                                                    NIM.510090132



3.        Nama Lengkap                                         : Kurniasari widhyaningrum
NIM                                                         : A510090153
Fakultas/ progdi                                       : FKIP/ PGSD
Perguruan Tinggi                                      : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Tempat Tanggal Lahir                              : Sukoharjo, 3 Juli 1991
Jenis Kelamin                                           : Perempuan
Umur                                                        : 19 Tahun
Agama                                                      : Islam
Status                                                       : Mahasiswi
Kewarganegaraan                                                : Indonesia
Alamat Rumah                                         : Ngesong Rt02/ Rw08 Kamabulu, Sukoharjo
Alamat Email                                           : kurniasari_153@yahoo.com
Karya Ilmiah yang Pernah Dibuat           : -
Penghargaan Ilmiah yang Pernah Diraih  : -


                                                                                    Surakarta, 7 Maret 2011


                                                                                    (Kurniasari Widhyaningrum)
                                                                                    NIM.510090153

Tidak ada komentar:

Posting Komentar